Jumaat, 31 Disember 2010

Kelebihan Surah Al-Kahfi


Keutamaan Surah Al-Kahfi Di Hari Jumaat

Surah Al Kahfi disebut juga Ashabul Kahf adalah surah ke-18 dalam Al Qur'an.
Surah ini terdiri atas 110 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah.
Dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Penghuni-Penghuni Gua.
Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surah ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya.

Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini, yang kesemuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia.
Terdapat beberapa hadits Rasulullah SAW yang menyatakan keutamaan membaca surah ini.Pada kesempatan ini saya akan mengingatkan kembali pada saudaraku sesama muslim tentang keutamaan membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat. Baik itu pada malam jumat maupun hari Jumat.
Membaca surat Al Kahfi adalah suatu hal yang sangat dianjurkan (mustahab) di hari Jumat karena kandungan pahala yang sangat besar sebagaimana Hadist Rasulullah SAW

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ“B

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Selanjutnya disebutkan pula dalam hadist yang lain :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)Berdasarkan kedua hadist diatas maka dapat dilihat dengan jelas keutamaan membaca surah Al Kahfi baik pada malam jumat maupun pada hari Jumat. Oleh karena itu semoga kita semua dapat melaksanakan amalan tersebut seumur hidup kita.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Allahhu akbar

Allahhu akbar